Minggu, 09 Desember 2012

ICT

Pertemuan 1.
MICROSOFT WINDOWS 7
merupakan sistem operasi terbaru dari microsoft corporation. Sistem operasi  ini untuk mengganti Microsoft Windows versi sebelumnya.
Untuk memulai Windows 7, tekanlah tombol On/Off pada komputer dan kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan awal dari Windows 7 dan disebut  dengan Desktop. Adapun bagian-bagian dari desktop adalah: Icon (ikon), Background, Tombol Start, Taskbar,  Systray.
Windows Explorer
Adalah program aplikasi yang dipergunakan untuk pengaturan file dan folder pada sistem operasi windows. Untuk mengaktifkan Windows Explorer dapat kita lakukan dengan: klik tombol start, kemudian arahkan pointer ke All Programs, kemudian arahkan pointer ke Accessories, selanjutnya arahkan pointer ke Windows Explorer.
Folder
Adalah ruang tempat menyimpan file dan untuk membuat folder dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut: klik media simpan, kilik menu file, arahkan ke New, arahkan ke folder dan klik. Dan selanjutnya akan muncul folder baru yang bernama New Folder, ketik nama folder diakhiri dengan tekan tombol ENTER.
Mengakhiri Windows 7
Sebelum mematikan komputer, kita di minta untuk melakukan proses Shut Down terlebih dahulu agar program Windows 7 kita tidak rusak. Caranya: klik Start, klik pilihan Shut Down.

Pertemuan 2
ELECTRONIC MAIL (E-mail)
Adalah fasilitas komunikasi yang sangat sering di gunakan didalam internet. Layanan E-mail terbagi menjadi 2 macam sistem: POP (Post Office Protocol) dan Web Based E-mail (layanan E-mail yang pengaksesannya melalui Web Site).

Pertemuan 3
INTERNET
Yang mempunyai nama panjang inter networking atau hubungan antar jaringan komputer. Internet adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia, sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer (cyberspace).

Pertemuan 4
BLOG
Secara umum blog memiliki fitur utama, yaitu: arsip dan kotak komentar. Situs layanan penyedia blog gratis saat ini begitu banyak, diantaranya: blogger.com, wrodpress.com, friendster.com, xanga.com, blogdrive.com, blogsome.com, multiply.com, myspace.com, dll.
Langkah- langkah membuat blog: ketik alamat url blogger di www.blogger.com =>klik CREATE YOUR BLOG NOW dan isi data => klik CONTINU dan beri nama blog anda=> klik CONTINU untuk melanjutkan pemilihan template => klik CONTINUE, berhasil.

Pertemuan 5
MICROSOFT POWERPOINT
Adalah program yang biasa digunakan untuk presentasi pada kegiatan ilmiah hingga bisnis. Berikut ini tampilan powerpoint :  quick Access Toolbar, Title Bar, Office Button, Ribbon, Slide Bar, Slide, View Mode, Zoom Slider, Add Notes.

Pertemuan 6
MICROSOFT WORD 2007
Adalah salah satu program aplikasi yang di gunakan untuk keperluan mengetik naskah, dokumen, buku atau surat menyurat.  Untuk mengaktifkan: klik Start => all program =>klik  microsoft office =>klik microsoft office 2007.

Pertemuan 7
MICROSOFT EXCEL
Adalah program amplikasi yang dipergunakan untuk mengolah tabel, pembuatan bagan ataupun database sederhana. Caranya: klik start=>arahkan ke all program=> klik microsoft office=> klik microsoft office excel.

Pertemuan 8
Pengaturan lembar kerja
Mengganti nama, caranya: arahkan pointer ke nama lembar kerja=>klik kanan=>klik rename=>ketik nama baru=>enter
menyisipkan lembar kerja, caranya: arahkan pointer ke nama lembar kerja=>klik kanan=>klik insert=>klik worksheet=> klik ok.
Menghapus lembar kerja, caranya: arahkan pointer ke nama lembar kerja=>klik kanan=>klik delete
Meng-copy lembar kerja, caranya: arahkan pointer ke nama lembar kerja=>klik kanan=>klik move or copy=>klik kotak opsy create a copy=>ok.
Memindah lembar kerja, caranya: arahkan pointer ke nama lembar kerja=>drag sesuai lokasi yang dikehendaki.

Pertemuan 9
Statistical
Meliputi: AVERAGE=> untuk mencari rata-rata. MAX=> untuk mencari nilai tertinggi. MIN=> untuk mencari nilai terendah.
Lookup dan Reference
·         Hlookup(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)
·         Vlookup(lookup_value,table_array,col_index_num,range_value)

Pertemuan 10
LOGICAL
If(logical_test,value_if_true,value_if_false)
Untuk menguji suatu isi sel apakah berisikan nilai yang memenuhi kriteria yang telah di tentukan dan akan di berikan suatu nilai ataukah tidak sehingga akan diberikan nilai yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar